Get Gifs at CodemySpace.com Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 02 November 2011

Perkembangan Teknologi Komputer: bye rodiyah :

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Perkembangan selanjutnya, muncul apa yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang menjadi cikal bakal komputer PC yang ada sekarang ini.

Salah satu penerapan teknologi informasi

Saat ini teknologi komputer sudah berkembang demikian pesatnya . Di pasaran komputer kini telah sampai ke teknologi komputer berprosesor Pentium IV dengan kecepatan sampai 2 Gz dan memori 1.5 GB. Orang juga dapat dengan mudah berkomunikasi dan bertukar informasi walau pun sistem operasi komputernya berbeda, karena kini sistem operasi sudah open system. Untuk mengirimkan file, semudah mengklik sebuah program. Fungsi kantor pos untuk berkirim surat mulai berkurang peranannya. Kini tempat organizer elektronik digantikan oleh PDA (Personnel Digital Assistenat), atau Pocket PC dengan memori sampai 64 MB dan sistem operasi PalmOS atau Windows Pockect PC 2002, yang diluncurkan October 2001 lalu. Dengan kehadiran PDA mobilitas orang kini tidak lagi menjadi halangan untuk berkomunikasi dan mengakses informasi di internet, mau pun melakukan aktivitas seperti mengetik atau membuat perhitungan dengan spread sheet.

komputer berdasarkan generasinya

Generasi pertama 


Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik,hal ini disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi,maka sistem komputer diberi intruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Perkembangan komputer generasi pertama umumnya dirancang untuk mengerjakan suatu tugas sprsifik tertentu dimana hal ini dicirikan dengan adanya program kode-binner yang sangat berbeda. Hal ini membuat system kerja generasi komputer pertama sangat dibatasi.
Kemudian komputer dari generasi pertama biasanya terdapat penggunaan tube vakum (sehingga membuat ukuran komputer sangatlah besar) dan untuk penyimpanan datanya menggunakan silinder magnetic.
Generasi kedua
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian,lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada,contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
Perkembangan komputer generasi kedua, ditandai dengan penemuan transistor pada tahun 1948, menggantikan fungsi tube vakum dalam televisi, radio dan komputer.  Secara resmi transistor digunakan pada komputer sejak 1956 dan sangat mempengaruhi ukuran komputer. Pengecilan ukaran komputer semakin dipercepat dengan pengembangan memori inti magnetic.
Contohnya komputer produksi IBM dengan skema peluncuran bertahap seperti stretch dan tak mau kalah sprery-rand membuat komputer bernama LARC,dll. Perkembangan komputer dengan tujuan komersial semakin terlihat pada 1960 dengan bermunculannya komputer dibidang bisnis, pemerintahan dan pendidikan.
Bermunculannya aksesoris pendukung seperti printer, disket, program, maupun bahasa pemograman seperti FORTRAN dan COBOL. Industry komputer mulai berkembang pesat dan menjadi awal munculnya bidang kerja baru seperti ahli komputer, programmer dan analisis data.
Generasi ketiga
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi telah dikembangkan untuk melyani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer,maka sistem operasi menjadi multi-user (digunakan banyak orang sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
Perkembangan komputer generasi ketiga dengan ditemukannya IC (intergrated Circuit). Pada 1958 disebabkan system kerja transistor yang menghasilakn panas yang sangat besar sehingga merusak komponen yang lainnya. IC terbuat dari batu Quarsa yang ditemukan oleh seorang ilmuan ahli instrument dari texas, jack kilbi. Penemuan penting selanjutnya, sebuah chip dapat mewakili beberapa komponen yang dibutuhkan oleh computer. Akibatnya, komputer terlihat lebih bersahabat dan nyaman ketika digunakan karena ukurannya semakin mengecil.
Generasi keempat (pasca 1980an)
Dewasa ini,sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer di mana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya.Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar muak komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman. Pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar di mana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
Perkembangan komputer generasi keempat ditandai dengan ditemukannya Large scale intergration,(LSI) yang memuat ratusan komponen dalam sebauh chip. pada 1980 ditemukan produk turunannya yaitu 1980an very large scale intergration(VLSI) yang memiliki kemampuan luar biasa untuk memuat ribuan komponen hannya dalam sebuah chip tunngal dan mungkin Ultra Large scale intergration(ULSI) yang memiliki kemampuan yang lebih luar biasa lagiuntuk dapat meningkatkan  jumlah tersebut menjadi jutaan.

1 komentar:

ayu windhari mengatakan...

sangat bermanfaat...

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates